Apa Sebenarnya Fungsi Toner?

Apa Sebenarnya Fungsi Toner?
oleh Andika Hilman

'Toner' merupakan salah satu produk skincare yang paling penting untuk kulit. Namun apa sebenarnya fungsi toner? Mengapa penting bagi Anda untuk menggunakan toner setiap hari?

1. Apa Fungsi Utama Toner?
Toner memiliki 2 fungsi utama, yaitu mengontrol pH wajah dan membantu penyerapan produk skincare lainnya.

Setelah cuci muka dengan facial wash atau sabun cuci muka, kadar pH kita akan cenderung terganggu. Toner akan mengembalikan pH wajah kita kembali turun dalam rentang 4,7-5,75. Jika pH wajah tidak seimbang, maka wajah menjadi tidak sehat. Selain itu, wajah akan menjadi lebih kering daripada biasanya.

Bicara soal kulit kering, toner juga membantu wajah supaya lebih lembab. Hal ini penting supaya krim dan serum yang akan Anda pakai akan lebih mudah terserap oleh kulit. Dengan begitu, toner mempersiapkan wajah Anda sehingga bisa lebih menyerap produk skincare yang lain.

Di luar dua fungsi tersebut, fungsi toner disesuaikan dengan komposisi yang terkandung dalam toner tersebut. Setiap merk mencampurkan toner dengan berbagai bahan lain untuk menambah fungsi dari toner yang mereka jual.

2. Bagaimana Memilih Toner yang Tepat?
Tipe kulit wajah manusia bisa dikelompokkan dalam tiga kategor utama, yaitu kering, berminyak, dan normal. Namun Anda tidak perlu bingung menyesuaikan toner yang Anda beli dengan tipe kulit wajah Anda. Secara umum, toner cocok untuk ketiga tipe kulit tersebut.

Toner yang tidak cocok dengan wajah Anda disebabkan oleh kandungan tambahan yang ditambahkan pada toner tersebut. Jadi, jika tidak cocok, maka Anda bisa mengganti toner Anda yang komposisinya berbeda dari toner Anda yang sebelumnya.

3. Bagaimana Cara Memakai Toner yang Benar?
Toner berbahan dasar air dan merupakan produk skincare yang masuk dalam kategori pembersih atau cleanser. Toner diteteskan ke kapas dan diusapkan ke seluruh wajah secukupnya sampai merata. Toner yang berbentuk mist bisa langsung disemprotkan ke wajah tanpa perlu diteteskan ke kapas terlebih dahulu. 

Karena berfungsi untuk menyesuaikan pH kulit setelah cuci muka, toner dapat dipakai setelah menggunakan facial wash. Setelah menggunakan toner, Anda bisa menggukana secara urut sebagai berikut: pelembab, krim, serum, lalu sunscreen. 

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda lebih paham pentingnya penggunaan toner ya! Penggunaan toner yang tepat dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, cerah, dan bebas jerawat.

Comments