Produk Cleanser untuk Tipe Kulit Normal Beserta Cara Pemakaiannya


Produk Cleanser untuk Tipe Kulit Normal Beserta Cara Pemakaiannya 
oleh dr. Andika Hilman

Seringkali kita tidak ingin tampak jelek atau hitam di depan orang lain, tetapi kita tidak tahu apa yang harus kita pakai. Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita jabarkan produk cleanser/pembersih apa saja yang Anda perlukan.

Tipe wajah dapat dibagi menjadi 3, yaitu normal, kering, dan berminyak. Colek wajah Anda dan rasakan apa tipe wajah Anda. Kali ini, kita akan fokus untuk produk-produk cleanser untuk Anda yang memiliki tipe wajah normal.

Produk skincare pertama dan terpenting yang Anda harus gunakan sebelum produk lainnya adalah cleanser/pembersih. Ada tiga produk cleanser yang perlu kamu pakai, yaitu milk cleanser, facial wash, dan toner.

Bagaimana cara menggunakan ketiga produk tersebut yang baik dan benar?

1. Milk Cleanser
Milk cleanser (MC) atau susu pembersih dipakai sebelum cuci muka, terutama setelah beraktivitas seharian. MC berfungsi untuk menghapus bedak dan makeup yang tidak larut dengan sabun cuci muka. Mengapa kita harus menggunakan MC?

Bedak/makeup yang tidak dibersihkan setiap hari akan menumpuk di wajah Anda. kemudian menutup pori-pori wajah. Oksigen yang tidak bisa masuk ke dalam kulit menyebabkan bakteri jerawat mudah berkembang biak. Jika Anda jarang menggunakan MC, maka wajah Anda akan mudah berjerawat (termasuk munculnya komedo). Selain itu, kulit yang kekurangan oksigen akan menjadi kering, kurang nutrisi, dan tidak sehat. 

Teteskan MC ke kapas lalu usapkan ke seluruh wajah Anda sampai semua bedak/makeup terangkat. Selain bedak/makeup, debu dan polusi juga dapat menutup pori-pori di wajah sehingga perlu dibersihkan.

Supaya wajah Anda lebih sehat, gunakan MC setiap hari!

2. Facial wash
Facial wash (FW) atau sabun cuci muka adalah produk terpenting untuk menjaga kulit Anda supaya tetap bersih. FW dipakai maksimal 2x sehari. Anda bisa menggunakan FW saat mandi pagi dan mandi sore.

3. Toner
Toner berfungsi untuk mengembalikan kondisi wajah setelah cuci muka. Setelah Anda mencuci muka dengan facial wash, pH kulit akan menjadi lebih basa. Toner akan mengembalikan pH wajah kita menjadi kembali asam. Wajah yang terlalu basa akan cenderung lebih kering dan tidak sehat.

Selain mengembalikan kondisi wajah, toner mempersiapkan wajah kita sebelum menggunakan krim dan serum. Wajah yang lembab akan mempermudah produk skincare yang lain lebih mudah teresap, dengan begitu kerjanya pun menjadi lebih efektif.

Cara menggunakan toner adalah dengan meneteskannya ke kapas lalu usapkan ke seluruh wajah. Ada juga toner jenis spray/mist yang tingal disemprotkan ke seluruh wajah.

Anda bisa menggunakan milk cleanser, facial wash, dan toner jenis apapun, kecuali setelah dipakai toner tersebut menimbulkan efek samping yang tidak kunjung berakhir setelah berhari-hari.

Itulah 3 produk cleanser yang bisa Anda pilih untuk tipe kulit normal. Nantikan artikel-artikel 
berikutnya mengenai tipe kulit yang lain, ataupun produk-produk skincare lainnya!


Comments